3 Hal Wajib Sebelum Usaha Ternak Kambing Untuk Pemula

Apabila sahabat ingin memulai beternak kambing (sebagai seorang pemula), maka perhatikan tiga hal wajib berikut ini agar minim kegagalan, dan peluang untuk berhasil atau sukses menjadi tinggi dalam usaha ternak kambing atau domba sehingga cepat untung dan balik modal. 

3 Hal Wajib Dipikirkan Sebelum Usaha Ternak Kambing Untuk Pemula

Memulai Ternak kambing pemula

1. Panakan/ Rumput/ Sumber Daya Alam
Pakan adalah hal yang wajib untuk peternak, jadi mulailah menanam sebelum beternak kambing, bisa rumput atau tanaman hijauan, setelah tanaman rumput bisa panen baru kita membuat kandang dan selanjutnya baru membeli kambing. 

Kalau sahabat tinggal di kota bisa menggunakan sistem fermentar menggunakan bahan yang ada, misalnya ampas tahu, atau ampas kedelai. Mulailah belajar cara membuat pakan fermentasi dari bahan yang ada disana.

2. Mencari Mentor/Guru
Keberhasilan seseorang menjadi peternak ditentukan dari skillnya, kalau masih baru kan tidak memiliki skill, jadi bisa mencari mentor untuk belajar banyak seputar ternak kambing, di mualai dari jenis pakan yang aman dan bernutrisi, model kandang yang sehat, pemilihan bibit atau indukan kambing dan terakhir bagaimana cara merawat kambing. 

3. Pemasaran Kambing
Pemasaran sangat penting, karena mau dijual kemana hasil ternak saat sudah panen nanti. Salah satu aspek pemasaran yaitu pemilihan jenis jambing yang laku di lokasi kita beternak, beberapa daerah lebih laku kambing kacangan dan ada daerah lain yang lebih laku domba. Jadi pilihlah jenis ternak yang laris manis terjual di tempat kita beternak agar tidak kesulitan memasarkan. 

Demikian penjelasan sederhana tentang tiga hal wajib diperhatikan sebelum memulai ternak kambing atau domba untuk peternak pemula. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sahabat. 

Tidak ada komentar untuk "3 Hal Wajib Sebelum Usaha Ternak Kambing Untuk Pemula"