Tips Pakan Mengatasi Kambing Mencret

Apakah kambing sahabat mengalami mencret? Bisa jadi itu karena pakan baru yang diberikan dalam jumlah banyak sedangkan sistem pencernaan kambing sahabat belum siap, sehingga terjadilah mencret. Umumnya kotoran kambing yang mencret berbentuk cair dan membuat kambing kita menjadi lemas. 

Kambing mencret


Admin juga pernah mengalami hal ini dan berhasil mengatasinya. Saran admin jika mau memberikan pakan baru, sebaiknya dilayukan terlebih dahulu dan diberikan sedikit dengan campuran pakan yang biasa diberikan hingga kabing mulai terbiasa. Biasanya butuh sekitar 1 minggu untuk membiasakan kambing makan dengan pakan yang baru. 

Tips Mengatasi Kambing Mencret
Langkah pertama hentikan pemberian pakan yang diduga menjadi penyebab mencret, selanjutnya berikan air minum dengan campuran gula merah dan sedikit garam, hal ini bertujuan untuk memberikan energi pada kambing yang lemas, langkah selanjunya adalah memberikan pakan daun nangka/jambu biji/ daun sawo. Jika kambing sahabat tidak hamil, bisa juga diberikan obat cacing dan supertetra, namun jika hamil sebainya jangan dikasi obat terlebih dahulu.

Langkah terakhir adalah berdoa, selain berusaha kita wajib berdoa agar usaha kita di ijabah oleh yang maha kuasa. Biasanya antara 3 sampai 7 hari kambing sudah sembuh dari mencretnya. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar untuk "Tips Pakan Mengatasi Kambing Mencret"