Manfaat Kotoran Kambing Yang Dibakar dan Kerugiannya

Kohe kambing atau disebut kotoran hewan kambing adalah salah satu limbah dari peternakan kambing paling banyak, namun pemanfaatannya masih kurang dimaksimalkan sehingga peternak pada umumnya menumpuk kohe kambing di sekitar kandang dan membakarnya agar tidak menimbulkan bau. 

Pertanyaannya apa manfaat dan kegunaan membakar kotoran kambing ini? Setelah admin meneliti dan mencari jurnal atau penelitian, ternyata di internet masih minim informasi tetang hal ini, kebanyakan menginformasikan bahwa kotoran kambing yang di bakar tujuannya agar dapat lebih cepat digunakan sebagai pupuk tanaman. 

Belum ditemukannya alasan kenapa dan apa yang terjadi kalau kotoran kambing di bakar, namun walaupun demikian, penulis ingin menyampaikan beberapa pendapat mengenai hal ini, berdasarkan pengetahuan penulis di dunia pertanian. 



Manfaat Membakar Kotoran Kambing 

Kotoran kambing yang baru tidak bisa langsung diberikan ke tanaman sebagai pupuk kandang, karena mengandung gas amonia yang bersifat panas, umumnya tanaman akan mati jika diberikan gas ini. Semua kohe yang baru mengandung gas amonia ini, jadi agar kohe dapat dijadikan pupuk kandang harus dihilangkan gas amonia nya, salah satunya adalah dengan cara difermentasi. 

Amonia pada kohe kambing juga menjadi penyebab bau pada sekitar kandang, jadi gas ini menjadi masalah yang harus segera ditangani agar tidak menjadi masalah lingkungan. Seperti penjelasan di atas, bahwa salah satu cara agar gas amonia pada kohe kambing cepat hilang adalah dengan cara membakarnya

Jadi kalau disingkat, manfaat dari membakar kambing adalah agar bau kotoran kambing hilang, menghilangkan gas amonia dan agar kohe cepat dapat dijadikan pupuk kandang. 

Namun membakar kohe kambing memberikan dampak negatif dan menimbulkan kerugian juga, beberapa diantaranya adalah asap yang dapat menyebabkan kambing sakit mata jika membakar di sekitar kandang, menganggu tetangga jika membakar di sekitar kampung, dan beberapa mikroba baik serta unsurhara di dalam kotoran kambing akan hilang karena terbakar, jadi manfaatnya menjadi berkurang untuk tanaman. 

Jadi sebaiknya harus bagaimana? Cara terbaiknya adalah dengan memfermantasinya, atau dimanfaatkan sebagai biogas terlebih dahulu untuk menghilangkan gas amonianya, cara ini memberikan keuntungan dobel karena gas amonia dapat kita manfaatkan menjadi biogas dan kotorannya bisa dijadikan pupuk kandang yang berkualitas karena unsurhara dan mikroba baik di dalamnya tidak hilang. 

Semoga penjelasan tentang manfaat kotoran kambing yang dibakar dan kerugiannya memberikan manfaat untuk para pembaca, salam ngarit.  

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Kotoran Kambing Yang Dibakar dan Kerugiannya"